September 23, 2006

Vanus Masry!

Lampion Vanus termasuk salah satu serba-serbi pada bulan Ramadhan di Mesir. Entah dari mana asalnya, tapi kata ustazah akuw di skul bahasa; Lampion Vanus udah ada dari zamannya Dinasti Fatemeeyah. Konon pas pemerintahan salah satu Sulton, bliau pengen bikin tradisi yang buat semarak bulan Ramadhan dan dipilihnya Lampion Vanus menjadi trend kala itu.

Kalo kamuw-kamuw kluar rumah pada bulan Ramadhan di Mesir, mata kamuw pasti penuh dengan pemandangan berbagai macam, bentuk dan warnawarni Lampion Mesir. Bahkan di stiap rumah, kayaknya kurang afdol kalo mreka gak pasang yang namanya Lampion Vanus. Atau jangan-jangan kalean yang berdomisili di Mesir punya pengalaman wajib iuran dalam rangka pengadaan Lampion Vanus di stiap apartment kalean?! Hihi..

Mungkin kalo di pinggiran kota Kairo, kita masih banyak melihat pemandangan bocah-bocah kecil pada rame nyanyiin lagu-lagu Ramadhan sambil berputar2 membentuk lingkaran dan di tangan masing2 pada bawa Lampion Vanus. Trus abis itu mreka pada muter ke rumah2 keluarga dekat untuk meminta receh ato permen, coklat dan segala macam jajanan manis.

Eh, disamping itu ada juga loh trend ngledakin petasan! Gak tanggung2, dari anak kecil mpe orang gedhe pada doyan ngerjain orang lewat pake petasan, hi... takut!

Trus lagi, kalo di bulan puasa, mreka juga biasa menandai waktu berbuka dengan ledakan meriam! Eh, tapi gak musti meriam betulan kok, suaranya ajah, hihi.. Yach sama ajah kayak kita di Indonesia denger suara bedug di radio2 ato televisi gitu.. Sambil berteriak "Idroob...!!!" trus "Duoooaar..!!" Trus, buka puasa dech, seru!

Sampe sekarang, Lampion Vanus, petasan dan dentum meriam menjadi trend serbaserbi pada bulan Ramadhan di Mesir. Kalo gak pçaya??!! Datang sajah ke Mesir, hehe...

Selamat menunaiakan ibadah di bulan Ramadhan ya...
Maaf lahir bathin...
Semoga kita dapat merasakan manisnya Ramadhan; Rahmah-Maghfirah-dijauhkan dari api neraka, amin...


Ngeposting di Markaz Abass Saqad, setelah edit blog sanasini.
Hamdalah.

2 comments:

Jepara Furnicraft said...

whaaa.. vanus... kalo kvanus-an ya di kipasin..biar cepet adem... huehuehue... :D

Anonymous said...

bulet2 euy tp udah lumayan keren kok