September 4, 2007

Kembang Kangkung



Ceritanya udah lama. Sekitar akhir bulan agustus kemaren -aku lupa tanggalnya- tapi aku pengen banget tulis ini di blog. Anggap saja sebagai ucapan terima kasih pada seseorang yang telah membawakannya padaku.

Aku terharu dapat kangkung sebanyak itu, kalo dijual jadi berapa duit yah:D Sama dikasih juga 9 batang serai. Kalo di Mesir, Kangkung ma serai kan termasuk langka, biasanya temen2 indo yang kreatif pada nanem sendiri trus dijual, lumayan kan buat tambahan uang saku;)

Kangkung itu akhirnya aku masak tumis dicampur belacan. Kebetulan waktu itu ada teman Malaysiaku datang dari Iran, Firuz. Dia suka sekali.





Sekilas tentang Kangkung dari wikipedia

Kangkung bahasa ilmiahnya, Ipomoea aquatica Forsk., juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1. merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan.

Ada dua bentuk kangkung. Kangkung mempunyai daun yang licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 5-6 inci. Tumbuhan ini memiliki batang yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Terdapat juga jenis daun lebar dan daun tirus.

Cara nanem kangkung ada dua, kering dan basah. Dalam keduanya, sejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur.

No comments: